Wednesday, 9 November 2016

MAKALAH PENGANTAR PENDIDIKAN : FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN



MAKALAH
PENGANTAR PENDIDIKAN
FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN







Kelompok 12
Anggota Kelompok      :
q  AZIZAH WAHYU                   (1610302082)
q  ARINI NUR ROHMAH           (1610302075)
q  META SEKAR DEWANI        (1310302052)



PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TIDAR
2016
i
 



 KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat hidayah dan inayah yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yag berjudul “Fungsi dan Tujuan Pendidikan” ini dapat kami selesaikan. Makalah ini kami buat sebagai kewajiban untuk memenuhi tugas.
Dalam kesempatan ini, kami menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi terwjudnya makalah ini. Kedepannya kami berharap agar makalah kami yang sederhana ini dapat dijadikan referensi dan sarana pembelajaran untuk pembaca sekalian. Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk mewujudkan kesempurnaan makalah kami ini akan sangatlah dihargai.



ii
Magelang, 2016


Penulis




ii
 
ii
 

 
DAFTAR ISI

JUDUL..................................................................................................
KATA PENGANTAR..........................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................
BAB I         : PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG........................................................
B.     RUMUSAN MASALAH....................................................
BAB II        : PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN PENDIDIKAN.........................................
B.     FUNGSI PENDIDIKAN....................................................
C.     TUJUAN PENDIDIKAN..................................................
BAB III       : PENUTUP
A.    KESIMPULAN DAN SARAN.........................................
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................








BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG


Manusia adalah mahluk yang dikaruniai keutamaan oleh Allah swt dibandingkan mahluk ciptaan yang lain. Keutamaan manusia terletak pada kemampuan akal pikiran/kecerdasannya. Sejalan dengan perkembangan dan tuntunan zaman maka diperlukan satu pendidikan yang dapat mengembangkan kehidupan manusia dalam dimensi daya cipta, rasa dan karsa. Dimana ketiga hal tersebut di atas akan menjadi motivasi bagi manusia untuk saling berlomba dalam mencapai kemajuan sehingga keberadaan pendidikan menjadi semakin urgen. Yang pada akhirnya menjadikan pendidikan sebagai kunci utama kemajuan hidup manusia dalam segala aspek kehidupan.

Pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dan berlangsung terus menerus. Pendidikan juga memiliki tujuan sebagai titik tolak dalam perjalanannya. Sebuah pendidikan akan selalu di arahkan pada sebuah tujuan yang dapat membawa sebuah fungsi kebermanfaatan. Kaitan nya dengan hal ini sebagai pendidik tentulah kita harus mengetahui fungsi dan tujuan pendidikan di negara ini dengan ke fleksibelan yang memang membawa kita ke taraf kehidupan globalisasi ini. Pada makalah ini akan di bahas mengenai tujuan dan fingsi pendidikan

B.    RUMUSAN MASALAH

         Pada makalah ini ada beberapa rumusan masalah diantaranya adalah:
1.    Jelaskan  fungsi pendidikan
2.    Jelaskan mengenai tujuan pendidik






BAB II

PEMBAHASAN


A.      PENGERTIAN PENDIDIKAN

Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada masyarakat dan kebudayaan. Pendidikan pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, misalnya dari keadaan yang tidak tahu menjadi tahu, dari buruk menjadi baik yang sudah baik menjadi baik lagi.


B.       FUNGSI PENDIDIKAN

Maksud dari pengertian sebuah fungsi pendidikan yaitu Dapat dirasakan nya atau dimanfaatkannya hasil sebuah pendidikan. Fungsi utama sebuah pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian serta peradapan yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang dijadikan landasan nya.

·         MIKRO
Fungsi pendidikan dalam arti mikro (sempit) ialah membantu (secara sadar) perkembangan jasmani dan rohani peserta didik
·         MAKRO
Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian serta peradapan yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang dijadikan landasan nya
Fungsi pendidikan secara makro (luas) ialah sebagai alat:
1. Pengembangan pribadi
2. Pengembangan warga negara
3. Pengembangan kebudayaan
4. Pengembangan bangsa

·         UU NO 20 Tahun 2003
Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

·         3 LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Lingkungan Keluarga

Pendidikan di lingkungan keluarga berfungsi untuk memberikan dasar dan menumbuh kembangkan anak sebagai mahluk individu, sosial dan religius
ü  Pengalaman Pertama Masa Kanak-Kanak
ü  Menjamin kehidupan emosional anak
ü  Menanamkan dasar pendidikan moral
ü  Memberikan dasar pendidikan sosial
ü  Peletakkan Dasar-dasar Keagamaan

Lingkungan Sekolah

      Sekolah memberikan keterampilan dasar.
      Sekolah membuka kesempatan memperbaiki nasib.
      Sekolah memecahkan masalah-masalah sosial.
      Sekolah merupakan alat mentransformasikan kebudayaan

Lingkungan Masyarakat

Mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional

C.     TUJUAN PENDIDIKAN

Tujuan merupakan sebuah faktor yang sangat penting dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan. Cita – cita atau tujuan yang ingin di capai harus jelas sehingga semua pelaksanaan dan sasaran pendidikan memahami atau mengetahui suatu proses kegiatan seperti pendidikan, bila tidak memiliki sebuah tujuan yang jelas maka proses nya akan kabur.

·         UU NO 2 Tahun 1985

Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan bangsa.

·         UU NO 20 Tahun 2003
Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreaatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

·         MENURUT PARA AHLI
Langeveld
ü  Tujuan Umum
Tercapainya kedewasaan jasmani dan rohani anak didik. Maksud kedewasaan jasmani adalah jika pertumbuhan jasmani sudah mencapai batas pertumbuhan maksimal, maka pertumbuhan jasmani tidak akan berlangsung lagi. Kedewasaan rohani yang dimaksud yaitu peserta didik sudah mampu menolong dirinya sendiri mampu berdiri sendiri, dan mampu bertanggung jawab atas semua perbuatan nya.
ü  Tujuan Khusus
Tujuan khusus yaitu tujuan tertentu yang hendak dicapai berdasar usia, jenis kelamin, sifat, bakat, intelegensi, lingkungan sosial budaya, tahap – tahap perkembangan, tuntunan syarat pekerjaan.
ü  Tujuan Sementara
Proses untuk mencapai tujuan umum yang tidak dapat dicapai sekaligus.karena perlu ditempuh setingkat demi setingkat. Tingkatan demi tingkatan inilah yang disebut tujuan sementara.
·         Bloom
ü  Domain Kognitif
Yang meliputi kemampuan – kemampuan yang diharapkan dapat tercapai setelah dilakukan             nya proses belajar mengajar.
ü  Domain Afektif
Yaitu berupa kemampuan untuk menerima, menjawab, membentuk dan mengarakterisasi.
ü  Domain Psikomotor
Terdiri dari kemampuan persepsi, kesiapan dan respon terpimpin.




















BAB III
PENUTUP
1.1       KESIMPULAN DAN SARAN
Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa fungsi pendidikan yang utama yaitu  mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian demi terwujud nya sebuah fungsi itu sebelum pelaksanaan proses pendidikan diperlukan nya perumusan sebuah tujuan diantara tujuan pendidikan yang mendasar yaitu seperti yang tertera dalam Dalam UU. No. 2 thn 1985, tujuan pendidikan yaitu mencerdaskn kehidupn bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa.
Demikianlah makalah ini kami buat dengan segala kerendahan hati. Kami mohon maaf jika penyampaian materi di dalamnya kurang berkenan di hati pembaca sekalian. Kami berharap makalah ini bisa dijadikan referensi dan sumber belajar baru, dan kami berharap kedepannya penyusunan makalah ini bisa diperbaiki dan diperlengkap lagi oleh pembaca sekalian. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.







DAFTAR PUSTAKA

ü  Kadir Abdul,dkk. 2009. Dasar – dasar Pendidikan. Surabaya : IAIN Sunan Ampel Press
ü  http:// suara terbaru.com/fungsi –pendidikan-di-indonesia
ü  Diki Dwi. Kebijakan di Indonesia .www.mudjiarahardjo.com 2009. Hlm 2
ü  http://www.slideshare.net/ChionkPemimpin/tujuan-pendidikan
ü  Abied, 2009, fungsi dan peranan lembaga pendidikan, dalam ( http://peranan _lembaga _pendidikan.com).





0 comments:

Post a Comment

 

aaazozot's blog Template by Ipietoon Cute Blog Design