MAKALAH
PENGANTAR
PENDIDIKAN
FUNGSI
DAN TUJUAN PENDIDIKAN
Kelompok
12
Anggota Kelompok :
q
AZIZAH
WAHYU (1610302082)
q
ARINI
NUR ROHMAH (1610302075)
q
META
SEKAR DEWANI (1310302052)
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TIDAR
2016
|
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat hidayah dan inayah
yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yag berjudul “Fungsi dan Tujuan
Pendidikan” ini dapat kami selesaikan. Makalah ini kami buat sebagai kewajiban
untuk memenuhi tugas.
Dalam
kesempatan ini, kami menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak
yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi terwjudnya
makalah ini. Kedepannya kami berharap agar makalah kami yang sederhana ini
dapat dijadikan referensi dan sarana pembelajaran untuk pembaca sekalian.
Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk mewujudkan kesempurnaan
makalah kami ini akan sangatlah dihargai.
|
Magelang, 2016
|
|
|
JUDUL..................................................................................................
KATA
PENGANTAR..........................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG........................................................
B. RUMUSAN
MASALAH....................................................
BAB II : PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
PENDIDIKAN.........................................
B. FUNGSI
PENDIDIKAN....................................................
C. TUJUAN
PENDIDIKAN..................................................
BAB III : PENUTUP
A. KESIMPULAN
DAN SARAN.........................................
DAFTAR
PUSTAKA..........................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Manusia adalah mahluk yang dikaruniai
keutamaan oleh Allah swt dibandingkan mahluk ciptaan yang lain. Keutamaan
manusia terletak pada kemampuan akal pikiran/kecerdasannya. Sejalan dengan
perkembangan dan tuntunan zaman maka diperlukan satu pendidikan yang dapat
mengembangkan kehidupan manusia dalam dimensi daya cipta, rasa dan karsa.
Dimana ketiga hal tersebut di atas akan menjadi motivasi bagi manusia untuk
saling berlomba dalam mencapai kemajuan sehingga keberadaan pendidikan menjadi
semakin urgen. Yang pada akhirnya menjadikan pendidikan sebagai kunci utama
kemajuan hidup manusia dalam segala aspek kehidupan.
Pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dan
berlangsung terus menerus. Pendidikan juga memiliki tujuan sebagai titik tolak
dalam perjalanannya. Sebuah pendidikan akan selalu di arahkan pada sebuah
tujuan yang dapat membawa sebuah fungsi kebermanfaatan. Kaitan nya dengan hal
ini sebagai pendidik tentulah kita harus mengetahui fungsi dan tujuan
pendidikan di negara ini dengan ke fleksibelan yang memang membawa kita ke
taraf kehidupan globalisasi ini. Pada makalah ini akan di bahas mengenai tujuan
dan fingsi pendidikan
B.
RUMUSAN MASALAH
Pada makalah ini ada beberapa rumusan masalah diantaranya adalah:
1. Jelaskan
fungsi pendidikan
2. Jelaskan
mengenai tujuan pendidik
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk
menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan jasmani maupun rohani
sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada masyarakat dan kebudayaan. Pendidikan
pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,
misalnya dari keadaan yang tidak tahu menjadi tahu, dari buruk menjadi baik
yang sudah baik menjadi baik lagi.
B. FUNGSI
PENDIDIKAN
Maksud dari pengertian sebuah fungsi pendidikan yaitu
Dapat dirasakan nya atau dimanfaatkannya hasil sebuah pendidikan. Fungsi utama
sebuah pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak,
kepribadian serta peradapan yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau
dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia
yang benar sesuai dengan norma yang dijadikan landasan nya.
·
MIKRO
Fungsi pendidikan dalam arti mikro (sempit) ialah membantu (secara sadar)
perkembangan jasmani dan rohani peserta didik
·
MAKRO
Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian serta peradapan
yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan
berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan
norma yang dijadikan landasan nya
Fungsi pendidikan secara makro (luas) ialah sebagai alat:
1. Pengembangan pribadi
2. Pengembangan warga negara
3. Pengembangan kebudayaan
4. Pengembangan bangsa
·
UU NO 20 Tahun 2003
Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
·
3 LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Lingkungan Keluarga
Pendidikan di lingkungan keluarga berfungsi untuk memberikan dasar dan
menumbuh kembangkan anak sebagai mahluk individu, sosial dan religius
ü Pengalaman Pertama Masa Kanak-Kanak
ü Menjamin kehidupan
emosional anak
ü Menanamkan
dasar pendidikan moral
ü Memberikan
dasar pendidikan sosial
ü Peletakkan Dasar-dasar Keagamaan
Lingkungan Sekolah
•
Sekolah memberikan keterampilan dasar.
•
Sekolah membuka kesempatan memperbaiki nasib.
•
Sekolah memecahkan masalah-masalah sosial.
•
Sekolah merupakan alat mentransformasikan kebudayaan
Lingkungan
Masyarakat
Mengembangkan
potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan
keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional
C.
TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan merupakan sebuah faktor yang sangat penting
dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan. Cita – cita atau tujuan
yang ingin di capai harus jelas sehingga semua pelaksanaan dan sasaran
pendidikan memahami atau mengetahui suatu proses kegiatan seperti pendidikan,
bila tidak memiliki sebuah tujuan yang jelas maka proses nya
akan kabur.
·
UU NO 2 Tahun 1985
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya
yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kpribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan
bangsa.
·
UU NO 20 Tahun 2003
Berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreaatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
·
MENURUT PARA AHLI
Langeveld
ü Tujuan Umum
Tercapainya
kedewasaan jasmani dan rohani anak didik. Maksud kedewasaan jasmani adalah jika
pertumbuhan jasmani sudah mencapai batas pertumbuhan maksimal, maka pertumbuhan
jasmani tidak akan berlangsung lagi. Kedewasaan rohani yang dimaksud yaitu
peserta didik sudah mampu menolong dirinya sendiri mampu berdiri sendiri, dan
mampu bertanggung jawab atas semua perbuatan nya.
ü Tujuan
Khusus
Tujuan
khusus yaitu tujuan tertentu yang hendak dicapai berdasar usia, jenis kelamin,
sifat, bakat, intelegensi, lingkungan sosial budaya, tahap – tahap
perkembangan, tuntunan syarat pekerjaan.
ü Tujuan
Sementara
Proses untuk
mencapai tujuan umum yang tidak dapat dicapai sekaligus.karena perlu ditempuh
setingkat demi setingkat. Tingkatan demi tingkatan inilah yang disebut tujuan
sementara.
·
Bloom
ü Domain
Kognitif
Yang
meliputi kemampuan – kemampuan yang diharapkan dapat tercapai setelah dilakukan
nya proses belajar mengajar.
ü Domain
Afektif
Yaitu berupa
kemampuan untuk menerima, menjawab, membentuk dan mengarakterisasi.
ü Domain
Psikomotor
Terdiri dari
kemampuan persepsi, kesiapan dan respon terpimpin.
BAB III
PENUTUP
1.1 KESIMPULAN DAN SARAN
Dari makalah ini dapat disimpulkan
bahwa fungsi pendidikan yang utama yaitu mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian demi terwujud nya sebuah fungsi
itu sebelum pelaksanaan proses pendidikan diperlukan nya perumusan sebuah
tujuan diantara tujuan pendidikan yang mendasar yaitu seperti yang tertera
dalam Dalam UU. No. 2 thn 1985, tujuan pendidikan yaitu mencerdaskn kehidupn
bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yang mantap dan mandiri
serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa.
Demikianlah makalah ini kami buat dengan segala
kerendahan hati. Kami mohon maaf jika penyampaian materi di dalamnya kurang
berkenan di hati pembaca sekalian. Kami berharap makalah ini bisa dijadikan
referensi dan sumber belajar baru, dan kami berharap kedepannya penyusunan
makalah ini bisa diperbaiki dan diperlengkap lagi oleh pembaca sekalian. Akhir
kata, kami ucapkan terima kasih.
DAFTAR
PUSTAKA
ü Kadir
Abdul,dkk. 2009. Dasar – dasar Pendidikan. Surabaya : IAIN Sunan Ampel
Press
ü http://
suara terbaru.com/fungsi –pendidikan-di-indonesia
ü http://www.slideshare.net/ChionkPemimpin/tujuan-pendidikan
ü Abied, 2009,
fungsi dan peranan lembaga pendidikan, dalam ( http://peranan _lembaga
_pendidikan.com).
0 comments:
Post a Comment